Langsung ke konten utama

Panther Grand Touring GTR Varian Teratas Isuzu Panther

Isuzu Panther merupakan mobil MPV (mobil keluarga) yang memiliki kapasitas penumpang 8 hingga 9 orang penumpang dewasa, mobil ini pertama kali keluar tahun 1991 sampai tahun 2012 ini masih diproduksi dan menjadi pilihan istimewa untuk mobil tipe MPV. Berbekal mesin diesel yang memiliki keistimewaan pada kemampuan membawa beban berat dengan track yang panjang adalah keunggulan mobil panther ini. Berbagai isu menyebutkan bahwa isuzu panther akan digantikan dengan MU7 tahun 2012 tidak terbukti,
Isuzu panther tetap dominan pada mobil MPV ber daya jelajah tinggi dengan mengeluarkan varian Panther Touring yang lebih agresif dan menjadi penakluk medan-medan berat ataupun track panjang.



Isuzu Panther sendiri terbagi dalam 4 generasi dimana generasi pertama keluar tahun 1991 menggunakan  mesin 2300 cc dengan pasokan bahan bakar karburator dengan kode produksi TBR 52, generasi ke dua keluar pada tahun 1996 dengan kode produksi TBR 54 menggunakan mesin 2500 cc dengan sistem pasokan bahan bakar diesel direct injection. Generasi ke 3 isuzu Panther keluar tahun 2000 dengan kode produksi TBR 541 bermesin 2500 cc direct injection, pada generasi ke 3 ini varian panther touring telah keluar, ditujukan untuk perjalanan adventure maka ground clearance mobil dibuat lebih tinggi yakni 18 cm agar mampu melewati medan banjir.
Generasi ke 4 isuzu panther muncul pada tahun 2009 pada generasi ini lebih dikenal dengan generasi facelift, menggunakan teknologi terbaru yang berbeda mulai dari sistem transmisi isuzu panther yang sudah menggunakan automatic transmission / transmisi matic / otomatis, pengurangan emisi gas buang, peningkatan performa mesin, penghematan konsumsi bahan bakar dan perbaikan pada desain eksterior mobil / konsep mobil adventure, pada tahun 2009 ini juga diperkenalkan isuzu panther facelift grand touring (GTR), Panther GTR menjadi pesaing kijang innova dalam memperebutkan pasar MPV kelas menengah dimana innova sendiri merupakan varian termewah dari toyota kijang.


Isuzu Panther Grand Touring (GTR) merupakan varian teratas dari isuzu panther yang pernah diproduksi, banyak orang salah sangka banhwa Panther Touring adalah varian terbaik Isuzu Panther padahal varian isuzu panther teratas ada pada panther grand touring dengan menyematkan keunggulan fitur yang tidak dimiliki oleh panther touring antara lain roof rail, leather seat combination, side body mould list, chrome outside mirror with turn lamp dan black chrome finnish aloy wheel. Sampai tahun 2012 ini beberapa jenis isuzu panther tersedia pada dealer Isuzu antara lain Panther Smart H,  Panther Smart FF-H, Panther LV-H, Panther LV FF-H, Panther Adventure-H, Panther LS FF-H, Panther Touring-H dan Panther Grand Touring-H.
 
Spesifikasi Eksterior dan Mesin Mobil Panther Grand Touring GTR.

Mobil ini memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi (mm)  = 4692 x 1771 x 1873, dengan jarak poros roda 2680 mm, memiliki berat kosong 2170 kg menggunakan mesin 4JA1-L dengan kapasitas silinder mesin 2500 cc, menggunakan bahan bakar diesel dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan sistem injeksi / tidak memakai karburator. Isuzu Panther GTR ini memiliki tenaga maksimum 80 Ps pada 3600 rpm dengan torsi maksimum 19,5 kgm pada 1800 rpm. Penjelasan spesifikasi:

Kita bisa melihat bahwa torsi yang besar mobil ini akan cukup menyenangkan bagi pengemudi untuk melewati tanjakan dengan beban 9 orang, torsi maksimum menggambarkan kemampuan mobil membawa beban yang berat, semakin besar torsi maka kemampuan melewati tanjakan / jalan off road semakin bagus. Kita juga bisa melihat daya maksimum Panther GTR adalah 80 Ps sudah tergolong baik untuk mobil MPV bermesin diesel meskipun jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin daya 80 PS tergolong kecil, daya maksimum mobil berbanding lurus dengan akselerasi mobil dimana semakin besar daya maka akselerasi / tarikan awal mobil semakin bagus.

Ciri mobil diesel adalah memiliki torsi putaran bawah yang besar, inilah sebab mengapa mesin mobil jenis truck atau bus menggunakan mesin diesel karena mesin diesel meskipun tidak memiliki akselerasi yang cepat akan tetapi sangat handal dalam membawa beban, dapat dipastikan jika mobil jenis bus atau truck menggunakan mesin bensin tidak akan mampu membawa beban yang begitu besar apa lagi saat membawa beban berat melewati tanjakan.
Baca ulasan mengenai mesin diesel pada artikel di sini.

Mobil Panther Grand Touring memiliki julukan mobil badak yang irit, dalam hal ini adalah mobil dengan kekuatan yang besar akan tetapi memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Konsumsi bahan bakar Isuzu Panther Grand touring ini adalah 1 Liter :14 Km cukup irit, ini lebih irit dari kijang yang rata-rata memiliki konsumsi bahan bakar 1 Lt : 8-12 km. Panther Grand Touring juga sangat irit bila dibandingkan mobil bermesin diesel lainnya sebut saja Strada / Pajero / Hilux dimana konsumsi bahan bakar mobil-mobil tersebut tidak lebih dari 1:12 bahkan ada yang mencapai 1:7. Sistem Transmisi Isuzu Panther Grand touring MSG5K yakni transmisi automatic 5 kecepatan dengan 1 transmisi mundur. Panther GTR memiliki kapasitas tangki bahan bakar 55 liter, jadi perkiraan mobil ini sanggup menempuh jarak 770 km untuk full tank capacity.
Fitur Isuzu Panther Grand Touring telah dilengkapi dengan fitur-fitur mobil modern, berikut fiturnya:
* AC telah menggunakan Double Blower
* Velg menggunakan alloy
* LCD layar sentuh untuk mengendalikan sisitem audio (radio, cd, mp3, dvd)
* Power Steering yang memudahkan pengemudi mengendalikan mobil yang berat
* Power window pada seluruh pintu, menjadi fitur safety standart
* Lampu kabut / Fog lamp (lampu terang untuk menembus kabut)
* Leather Steering Wheel
* Roof Rail pada bagian atas untuk membawa barang saat perjalanan alam
* dan beberapa fitur yang sudah saya sebutkan diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Perbandingan isuzu panther Grand Touring, LS, Touring

Compare Grand Toring , LS, Touring GRAND TOURING LS TOURING