Langsung ke konten utama

Mobil tipe MPV pilihan masyarakat Indonesia

Gaung popularitas mobil di kelas MPV sudah lama terjadi di Indonesia. MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle atau kendaraan serbaguna. Selain di Indonesia, MPV juga populer di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara. Salah satu kendaraan MPV yang ada di Indonesia adalah Mitsubishi Kuda yang diluncurkan pada tahun 1997. Namun sebelumnya telah ada kendaraan lain yang bermain di pasar MPV, yakni Isuzu Panther dan Toyota Kijang yang jauh lebih lama menguasai pasar MPV, mulai dari tahun 1980-an. Memang proporsi ketiga mobil ini memiliki kemiripan yang sangat dekat.Besarnya peminat MPV di Indonesia membuat masing-masing merek ini memiliki sub-segmen tersendiri. Mayoritas dari mereka tidak saling berebut pasar atau konsumen. Masyarakat juga memiliki beberapa alasan non teknis dalam menempatkan pilihan mobil jenis MPV yang menjadi pilihan bagi dirinya.

Beberapa alasan masyarakat memilih MPV

Alasan masyarakat memilih mobil berjenis MPV itu ada beraneka ragam. Diantaranya alasan tersebut adalah sebagai berikut ini:
  • Masyarakat Indonesia menggemari jenis mobil MPV karena model kabinnya fleksibel dan sesuai dengan kondisi sosiologis masyarakat Indonesia yang gemar bersama-sama dalam jumlah besar. Kekerabatan dan gotong royong di Indonesia masih sedemikian tinggi. Keluarga yang ada pun kebanyakan keluarga besar. Maka dari itu MPV cocok untuk kultur masyarakat Indonesia. Bentuk MPV yang besar dapat menampung jumlah penumpang yang lebih besar daripada jenis sedan yang hanya memuat maksimal 5 orang.
  • Ground clearence mobil-mobil MPV rata-rata cukup tinggi sehingga dianggap pas untuk kontur jalan di Indonesia yang sangat tidak stabil. Banyak jalan di Indonesia yang tidak rata, baik bergelombang maupun berlubang. Selain itu ada pula jalan yang baru terbuat dari tanah atau batu saja. Maka dari itu jika mobil dengan ground clearence tinggi digunakan, akan lebih mudah melintasinya daripada mobil berjenis sedan atau hatchback.
  • Mobil berjenis MPV dapat menempuh berbagai macam medan seperti saat banjir atau jalan yang rusak karena bencana ringan. Daya tampung barang juga lebih banyak sehingga mengurangi waktu bolak-balik jika mengantar barang. Apalagi jika jenis mobil ini kebanyakan memiliki fasilitas untuk melipat kursi paling belakang untuk dijadikan bagasi sehingga ruangan untuk barang bisa menjadi lebih luas dan lebih lega lagi.
  • Banyaknya permintaan masyarakat akan mobil MPV ini membuat harga jual mobil MPV ini cukup tinggi, sekalipun sudah bekas pakai. Hal ini membuat mobil ini mudah dijual kembali tanpa ketakutan akan terjadi penurunan harga yang signifikan.
  • Mobil jenis MPV mudah dibisniskan. Banyak rental mobil yang bermunculan menggunakan mobil jenis MPV. Penyewa mobil umumnya banyak memilih model MPV karena mereka dapat mengangkut lebih banyak orang daripada mobil jenis sedan. Hal ini menyebabkan tingginya permintaan sewa mobil MPV dari masyarakat.
Itulah beberapa alasan mengapa mobil MPV masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat. (iwan)
referensi : 
http://www.tribunnews.com/2012/08/08/mpv-paling-diminati-penyewa-untuk-mudik, bisnisotomotif.com/berita-1268-mobil-mpv-tetap-favorit.html
http://ridwanaz.com/otomotif/alasan-mengapa-mobil-tipe-mpv-favorit-pilihan-masyarakat-indonesia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Perbandingan isuzu panther Grand Touring, LS, Touring

Compare Grand Toring , LS, Touring GRAND TOURING LS TOURING