Kijang LGX adalah kendaraan niaga dan
kendaraan keluarga yang diproduksi oleh Toyota Motor. Mobil ini termasuk
populer di Indonesia pada kelas minibus dan menjadi favorit masyarakat.
Kijang LGX adalah penyempurnaan dari Toyota Kijang generasi III. Pada
masa itu, mobil ini menjadi mobil yang paling laris dan paling banyak
dicari, baik yang baru maupun yang bekas pakai. Oleh karena itulah saat
ini kita mudah sekali menemukan Kijang LGX di seluruh Indonesia.
Kijang LGX sebagai metamorfosis Toyota Kijang generasi III
Setelah beberapa kali disempurnakan,
maka Kijang generasi III dirilis sebagai Kijang LGX. Sebagai
pengetahuan, Kijang generasi ketiga dipasarkan pada tahun 1985. Mobil
ini memiliki eksterior yang berbentuk lebih melengkung di sudutnya
sehingga terlihat lebih modern daripada generasi sebelumnya dan mobil
yang ada di jamannya. Kijang generasi III ini masih banyak yang meminati
hingga sekarang ini. Generasi inilah yang mengubah arah konsep Kijang
sebagai kendaraan angkut menjadi kendaraan penumpang. Konsep ini adalah
salah satu kiat sukses Kijang GLX menarik konsumen. Pada masanya, dapat
dikatakan bahwa Kijang adalah salah satu mobil penumpang dan keluarga
yang mengalami masa kejayaan.
Pada generasi ini, ada dua tipe Kijang, yakni Kijang Super dan Kijang Grand. Dengan rentang waktu 1985 hingga 1997, maka life cycle
dua tipe Kijang ini sangat lama sekali dibanding generasi sebelumnya.
Kedua mobil inilah yang merupakan cikal bakal dari Kijang LGX. Kijang
Grand-lah yang menginspirasi mengenai perubahan model yang futuristik
pada Kijang GLX. Kijang Grand sudah mengalami beberapa modernisasi
seperti pada lampu depan, gril, adanya double blower dan power steering
yang memudahkan pengemudi. Hingga saat inipun Kijang Grand dan Kijang
Supar masih diminati oleh para pengguna. Tidak berbeda jauh dengan
Kijang GLX yang diminati juga.
Awal mula munculnya Kijang LGX
Toyota Kijang GLX dipasarkan pertama
kali pada tahun 1997 di Indonesia. Kijang LGX dipasarkan hingga tahun
2004 sebelum tergeser oleh Toyota Innova. Selama kurun waktu tersebut,
Kijang LGX memiliki dua tipe, yakni keluaran tahun 1997-1999 dan
keluaran 1999-2004. Keduanya memiliki perbedaan pada teknologi dan bahan
bakar. Teknologi yang ada pada Kijang LGX tahun 1999 sudah menggunakan
teknologi fuel injection sehingga tenaga yang dihasilkan lebih
baik dan bagus. Selain itu juga menjadi lebih irit pemakaian bahan
bakar. Kijang LGX yang keluar sejak tahun 2002 menggunakan kapasitas
mesin 1800 cc dan juga 2000 cc. Mobil ini sangat banyak digunakan oleh
masyarakat Indonesia, bahkan bisa dikatakan sebagai mobil sejuta umat.
Pada Kijang LGX keluaran tahun
2003-2004, interior menjadi lebih elegan. Terlihat dengan jelas pada
dashboard dan jok mobil yang menggunakan warna krem serta AC yang
menggunakan double blower, power window, central lock dan power
steering. Kapasitas penumpang yang lumayan banyak, yakni tujuh seat
menjadi keunggulan Toyota Kijang LGX. Tak hanya itu, bahan bakarnya pun
hemat, daya tahan mesin yang baik, interior yang mewah, perawatan yang
murah dan harga jual kembali yang stabil, sehingga seseorang yang
menjual mobil ini kembali tidak akan rugi. Demikian adalah ulasan
singkat kami mengenai Toyota Kijang LGX. Semoga bermanfaat. (iwan)
rujukan : http://ridwanaz.com/otomotif/mengenal-toyota-kijang-lgx-yang-gagah/
Komentar
Posting Komentar