Langsung ke konten utama

Sejarah Isuzu Panther

Isuzu Panther adalah kendaraan Diesel serba guna yang dibuat Isuzu di Indonesia untuk pasar Asia. Dirakit berdasarkan chasis dan model yang hampir mirip dengan Toyota Kijang. Model ini sangat cocok untuk membawa banyak penumpang atau barang. Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya setempat yang bersifat kekeluargaan. Mobil sejenis yang mirip dengannya ialah Toyota Kijang dan Mitsubishi Kuda

Sejak tahun 2000 beredar Isuzu Panther generasi ke-3 dengan kode produksi TBR-541, diawali dengan generasi pertama tahun 1991 sampai tahun 1996 dengan kode produksi TBR-52 dan generasi kedua tahun 1996 sampai tahun 2000 dengan kode produksi TBR-54.


Isuzu panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode AUV (Asian Utility Vehicle), selain di Indonesia juga diproduksi di Filipina dengan nama Isuzu Crosswind, di Vietnam dengan nama Isuzu Hi-Lander dan di India dengan nama Chevrolet Tavera.


Generasi Isuzu Panther

Generasi Panther dari awal sampai dengan sekarang ada 6 , yaitu:
Panther Generasi Pertama (1991 - 1996)

    Kapasitas mesin = 2238 cc
    Jenis Mesin = 4 Silinder 2238cc OHV Indirect injection
    Kode mesin = c223
    Kode bodi = TBR 52
    Tenaga Maksimum = 60dk/4300rpm

Jenisnya: (dari tingkat yang paling tinggi)

    Hi Grade
    Grand Deluxe
    Total Assy (Deluxe)
    Standard
    Bravo
    Miyabi

Panther Generasi kedua (1996 - 2000)

    Kapasitas mesin = 2500cc
    Jenis Mesin = 4 Silinder 2500cc OHV Direct Injection
    Tenaga Maksiumum = 86dk/3900rpm
    Kode mesin = 4ja1
    Kode Body = TBR 54

Jenisnya : (dari tingkat yang paling tinggi)

    New Hi-grade ( 1997-2001)
    Hi-grade (1996-1997)
    Hi sporty (1996-2000)
    New Royal (1997-2001)
    Grand Royal (1996-1997)
    Royal (1996-1998)
    Deluxe (1996-1998)
    Standar

Panther generasi 3 / New Panther (2000 - 2005)

    Kapasitas mesin = 2500cc
    Jenis mesin =
        4 Silinder 2500cc OHV direct injection
        4silinder 2500cc OHV direct injection (Smart, LM, LV, LS)
    Turbo Diesel (Touring)
    Tenaga maksimum = 86dk/3900rpm
    Kode body = TBR541
    Kode mesin = 4ja1
    Transmisi = Manual, Otomatis

Jenisnya : (dari tingkat yang paling tinggi)

    Grand Touring
    Touring
    LS Hi-Grade
    SS
    LV
    SV
    LM (smart long)
    SM (smart short)

Panther generasi 4 (Facelift, 2005 - saat ini)


Di Generasi telah Hadir Versi Grand touring (2005 - Saat Ini) dan LV Adventure (2005 - 2013)

    Facelift 1 (2005 - 2009) = Semua hampir sama dengan New Panther, namun Isuzu melakukan pembenahan pada desain lampu, grill, serta interior, dan juga versi lain selain Touring (LS) pun telah diberi turbo guna memenuhi standar EURO.

Jenisnya :

    Grand Touring
    Touring
    LS Turbo
    LS Hi-Grade
    Adventure
    LV
    LV FF
    Smart
    Smart FF
    Facelift 2 (2009 - 2013) = Semua hampir sama dengan New Panther, namun Isuzu melakukan pembenahan pada desain lampu, grill, serta interior, dan Semua versi versi lain selain Touring pun telah diberi turbo guna memenuhi standar EURO. Di Facelift ini, Seluruh Versi Tidak Hadirnya Versi Automatic.

Jenisnya :

    Grand Touring
    Touring
    LS Turbo
    LV Adventure
    LV Turbo
    LV Turbo FF
    Smart Turbo
    Smart Turbo FF

    Facelift 3 (2013 - saat ini) = Semua hampir sama dengan New Panther, namun Isuzu melakukan pembenahan pada desain Speedometer, Pintu belakang(Kecuali Smart dan LV), Rear tow hook, Model Ban serep(Smart, LV dan LS), dan Semua versi versi lain selain Touring pun telah diberi turbo guna memenuhi standar EURO. Di Facelift ini, Seluruh Versi Tidak Hadirnya Versi Automatic dan dihilangkan versi LV (FTF) dan LV Adventure.

Jenisnya :

    Grand Touring
    Touring
    LS Turbo
    LV Turbo
    Smart Turbo
    Smart Turbo FF

Pendesain ulang dan generasi baru Panther

Sebenarnya Isuzu sudah tidak sanggup mengurusi Isuzu Panther yang tiap bulan penjualan terus menurun akibat Regulasi mesin yang pada 2015 mendatang. Namun pada bulan Agustus 2014 lalu, PT. IAMI sudah meluncurkan pengganti Isuzu Panther yakni MU-X yang sudah meluncur duluaan di Thailand.

rujukjan: http://www.isuzupanther.com/2015/02/sejarah-isuzu-panther.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Komunitas Panther Mania

Panther-Mania adalah sebuah klub otomotif tempat berkumpulnya pengguna, penggemar dan pemerhati kendaraan Isuzu Panther di seluruh Indonesia. Klub berawal dari sebuah mailing list yang dibentuk pada tanggal 7 April 2004 dan saat ini member mailing list telah lebih dari 2000 member. Klub sendiri diresmikan pada tanggal 19 Maret 2009 dan saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 250 member. Anggota berasal dari seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Keberadaan klub telah diakui oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia selaku ATPM Isuzu di Indonesia dan juga oleh Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O)