Langsung ke konten utama

Tips Mudah Parkir di Tanjakan/ Turunan

Pernahkan pecinta otomotif memperhatikan bagaimana posisi ban dan posisi gigi saat memarkir mobil di jalan tanjakan atau turunan? nah ternyata ada perbedaan yang signifikan saat kita memarkir mobil di jalan datar dengan jalan menanjak dan menurun terutama bagaimana memposisikan ban mobil dan memposisikan gigi mobil serta handrem
Di jalan datar, kita biasanya memposisikan ban depan lurus kedepan serta memposisikan tuas transmisi di Posisi gigi 1 jika manusal, dan Posisi tuas di P jika mobil matic.
* Parkir di jalan yang menanjak membutuhkan teknik tersendiri, yakni kita harus membelokkan ban ke arah kanan, dimana kita memposisikan trotoar sebagai pengganjal mobil untuk berjaga2 jika mobil mundur. Sedangkan untuk posisi gigi tuas transmisi adalah di gigi 1 (mobil manual), mobil matic bisa di posisi P  (bisa dilihat pada gambar)
* Parkir mobil di turunan/ jalan menurun, posisi roda berlawanan dengan parkir di tanjakan... posisikan roda berbelok ke kiri untuk mengganjal trotoar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya mobil meluncur turun ke depan.
Posisi tuas transmisi saat di turunan ini untuk mobil manual adalah di gigi mundur (tidak di gigi 1).

 Nah pada intinya posisi roda adalah untuk mencegah mobil meluncur turun jika terjadi sesuatu dengan cara membelokkan posisi stir (roda), jika diposisikan lurus maka akan sangat berbahaya karena mobil akan meluncur turun semakin kebawah tenaganya semakin besar dan membahayakan orang-orang yang ada di bawah.
Jika ban dibelokkan maka jika terjadi sesuatu maka paling banter mobil hanya berbelok 90 derajat, tetapi kemungkinan besar dia tidak akan bisa turun karena terganjal oleh gundukan atau trotoar... Dan pastikan setelah memposisikan roda dan gigi dengan tepat, aktifkan rem tangan (rem parkir) dengan cara menariknya.

Oh iya carilah trotoar atau gundukan tanah untuk menyandarkan roda (mengganjalkan roda).
Jika pecinta otomotif belum yakin dengan keselamatan mobil maka gunakanlah pengganjal semisal batu/ kayu dan tempatkan dibawah roda belakang.

Oh iya jika parkir di malam hari jangan lupa nyalakan lampu hazard (lampu berkedip-kedip) agar terlihat oleh pengemudi mobil lain dan tidak ditabrak. Lampu hazard ini sangat penting, salah satu gunanya adalah saat parkir di jalanan waktu malam hari...apa lagi di tanjakan/ turunan yang jarak pandangnya relatif tidak begitu jauh
Nah setelah tahu bagaimana posisi roda, posisi gigi, posisi hand rem dan penggunaan lampu hazard tentunya sudah bukan masalah lagi saat memarkir mobil di tanjakan/ turunan untuk pecinta situs sumber :
mobilku.org :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Perbandingan isuzu panther Grand Touring, LS, Touring

Compare Grand Toring , LS, Touring GRAND TOURING LS TOURING