Langsung ke konten utama

Macam-macam Bushing

Pada suspensi mobil terdapat joint joint, dan biasanya joint tersebut akan diperlengkapi dengan bushing. Bushing biasanya terbuat dari karet. Dengan berjalannya waktu maka bushing akan menjadiaus dan habis masa pakainya, tentunya anda pernah mendengar ada modifikasi dan penggunaan bahan bushing selain karet. dan bagaimana bila kita menggantinya dengan bahan yang lain? Ayo kita bahas satu persatu beberapa bahan alternatifnya.

Karet, Polyurethane (PU) dan Teflon

Macam bushing dan peletakannya
Macam bushing dan peletakannya
Bahan karet (standar mobil)




mempunyai tingkat kekenyalan paling tinggi di antara ketiga bahan ini sehingga untuk kenyamanan dalam berkendaraan terutama dijalanan perkotaan paling baik, kekurangan dari karet mempunyai rentang usia selama didalam karet masih terkandung "minyak pelumas" karet akan berfungsi dengan baik tetapi begitu kandungan ini hilang (karena usia dan cuaca)karet akan menjadi keras/getas dan hancur. Kekurangan lain jika menggunakan bushing berbahan karet adalah pengendalian kendaraan disaat bermanuver pada jalanan yang kurang mulus atau pada kecepatan tinggi sangat rendah dikarenakan kekenyalan ini sehingga ada"gap/speeleng" tambahan yang diberikan oleh bushing tersebut.


Bahan PU (aftermarket),


Mempunyai tingkat kekenyalan mendekati karet tetapi mempunyai kekuatan lebih tinggi dibanding karet sehingga kenyamanan dalam berkendaraan baik didalam kota dan luar kota masih nyaman termasuk pengendaliannya dijalan yang kurang baik atau pada kecepatan tinggi. Disisi lain bahan PU memiliki tingkat kelicinan lebih tinggi dibanding karet sehingga perangkat2 yang menggunakan bushing jenis ini akan bergerak lebih lancar. Karena sifatnya lebih kaku dibanding karet maka otomatis suspensi akan menjadi lebih keras (stiff) tetapi tidak kaku (masih ada sifat kenyalnya). Untuk pemakaian agak berat bushing PU akan jauh lebih awet dibanding bushing karet. Dari sisi tampilan Bahan PU lebih menarik karena dapat diberi warna sesuai keinginan pembuat bahkan dibeberapa merk menyediakan yang semi bening.



Bahan Teflon (special custom),

Bushing dengan bahan teflon memang tidak mudah didapat dipasaran karena harus dibuat terlebih dahulu dari batang teflon disesuaikan dengan bentuk yang dimau. Walau Teflon masih dapat dikatakan lentur tetapi secara umum bahan ini lebih cenderung keras menuju kaku. Warna dari bahan ini hanya putih seperti lilin, tetapi bahan teflon mempunyai tingkat kelicinan paling tinggi juga termasuk daya tahan terhadap gesekan maupun cuaca (panas/dingin). Dari sifat diatas sudah dapat dipastikan jika menggunakan bushing dengan bahan teflon otomatis suspensi akan menjadi kaku (rigid) dan sangat cocok jika dipakai dalam ajang kompetisi. Oleh karena itu rata-rata para penggemar kompetisi otomotif banyak yang memodifikasi perangkat suspensinya dengan mengganti bushing karet menjadi teflon, sehingga pengendalian pada kecepatan tinggi atau lintasan yang ekstrim tetap akurat.


Kesimpulan


Bushing mempengaruhi suspensi

Karet: standar, kenyal, enak digunakan, meredam getaran dan suara, masa pakai pendek terutama pada kondisi tidak normal, gerakan suspensi agak berat terutama jika usianya mendekati habis.


Polyurethane: modif, agak keras, masih nyaman digunakan, masih meredam sebagian getaran dan suara, lebih melancarkan gerakan suspensi, suspensi agak keras (stiff) tetapi mudah pengendalian pada kecepatan tinggi dan jalanan kurang baik. Harga lebih mahal dari karet.

Teflon: pesanan khusus, tidak nyaman digunakan, sangat sedikit meredam getaran dan suara, gerakan suspensi paling lancar, suspensi cenderung kaku (rigid), sangat mudah pengendalian kendaraan pada kecepatan tinggi dan lintasan ekstrim, sangat mahal harganya.


Artikel dan tulisan dari

Mr. Raswan Aditya Harjono (Member Panther Mania Club)
Semoga Bermanfaat






http://yamatoikwan.blogspot.co.id/2014/08/macam-macam-bahan-bushing-bushing.html

--------------------

Rubber Bushing adalah sejenis isolator getar. yang menyediakan sebuah tampilan antara dua bagian, redaman energi ditularkan melalui bushing. contoh umumnya adalah yang terjadi dalam sistem suspensi kendaraan, di mana bushing yang terbuat dari karet (atau, lebih sering disebut karet sintetis atau polyurethane) memisahkan permukaan dua benda logam yang menghasilkan sejumlah gerakan. Gerakan ini memungkinkan bagian-bagian suspensi untuk bergerak bebas, misalnya saat bergerak di atas benjolan besar, dan meminimalkan transmisi kebisingan dengan yang getaran kecil pada sasis kendaraan. Sebuah bushing karet juga dapat digambarkan sebagai pemasangan fleksibel atau pemasangan antivibration.

http://www.nikball.com/2015/02/Rubber-Bushing.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Komunitas Panther Mania

Panther-Mania adalah sebuah klub otomotif tempat berkumpulnya pengguna, penggemar dan pemerhati kendaraan Isuzu Panther di seluruh Indonesia. Klub berawal dari sebuah mailing list yang dibentuk pada tanggal 7 April 2004 dan saat ini member mailing list telah lebih dari 2000 member. Klub sendiri diresmikan pada tanggal 19 Maret 2009 dan saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 250 member. Anggota berasal dari seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Keberadaan klub telah diakui oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia selaku ATPM Isuzu di Indonesia dan juga oleh Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O)