Langsung ke konten utama

Perbandingan Avanza, Mobilio dan Ertiga

www.mobilku.org kali ini akan melakukan komparasi/ perbandingan 3 mobil MPV terlaris, yakni antara: Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Ketiga mobil tersebut adalah MPV dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia (tahun 2014) dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing; misalnya: Suzuki Ertiga yang bagus dalam hal fitur & interior, Toyota Avanza yang unggul pada ketersediaan sparepart dan jaringan service serta Honda mobilio yang handal pada kemampuan mesin.
Berikut perbandingan ke tiga mobil bekas keluaran 2014 tersebut
Perbandingan Harga
Toyota Avanza Veloz AT bekas keluaran 2014 masih memiliki harga pasaran 165 juta rupiah sedangkan untuk Honda Mobilio E MT tahun 2014 dijual dengan harga paling tinggi 170 juta rupiah, Suzuki ertiga GX AT bekas tahun 2014 juga memiliki harga pasaran yang hampir sama yakni 170 juta rupiah. Artinya untuk harga ketiganya tidak jauh berbeda (berkisar 170 juta rupiah versi matic), sedangkan mobilio 2014 tidak tersedia versi matic harga pasar sedikit di bawah rivalnya

Kenyamanan Suspensi
Suspensi paling nyaman dan empuk adalah Suzuki ertiga yang menjadi juaranya, di samping empuk Suzuki ertiga memiliki material seat (kursi) yang bagus dengan busa yang tebal dan lapisan kulit yang berkualitas. Honda mobilio meskipun sudah memakai penggerak roda depan (sama dengan ertiga) akan tetapi masalah suspensi menduduki peringkat 2, busa pada jok yang lebih tipis dari ertiga membuat kenyamanan penumpang tidak maksimal (jok mobilio dibuat tipis agar ruangan kabin lebih luas). Karena memakai sistem penggerak roda belakang sistem suspensi Toyota Avanza memang harus sedikit keras agar tidak mudah limbung terutama suspensi belakang, alhasil masalah kenyamanan terkait dengan suspensi avanza termasuk tertinggal dari ke dua rivalnya.

Kapasitas Penumpang
Meskipun ketiga mobil sama-sama memiliki kapasitas penumpang 7 orang, akan tetapi perbedaan kualitas interior menyebabkan score juga berbeda. Suzuki Ertiga lagi-lagi menjadi pemenang pada kemampuan mengangkut penumpang ini dengan kursi baris kedua yang bisa disetel maju mundur, Ertiga juga memiliki legroom yang lebih lega dibanding ke dua rivalnya. Sementara untuk Headroom (ruangan kosong untuk kepala) Honda mobilio menjadi yang pertama paling luas (pada penumpang baris kedua) sehingga membuat penumpang tidak stres karena sempitnya ruangan, selain itu headroom juga bermanfaat jika tinggi penumpang di atas rata-rata.
Untuk posisi duduk penumpang baris kedua, Toyota Avanza menjadi pemenangnya mengalahkan dua rivalnya. Posisi duduk yang tinggi ini memberikan kemudahan visibilitas (memandang ke lingkungan sekitar) dan perasaan lebih percaya diri dan aman.

Konsumsi BBM dan Kemampuan Mesin
Kapastias ruang bakar (mesin) Suzuki Ertiga adalah 1400 cc, ini berbeda dengan kedua rivalnya avanza dan mobilio yang memakai mesin berkapasitas 1500 cc. Akan tetapi besarnya ruang bakar (kapasitas silinder) tidak menjamin mobil memiliki kemampuan yang lebih baik karena dengan kecilnya kapasitas mesin justru menjadi kelebihan pada iritnya konsumsi BBM (meskipun tidak selalu juga), yang jelas banyak faktor yang mendukung misalnya terkait teknologi mesin atau material mesin.Ketiga mobil MPV kelas Low end ini masih memakai mesin dengan 4 silinder jadi berbeda dengan Datsun Go Panca + yang berjenis MPV yang hanya menggunakan 3 silinder :-).
Nah untuk kemampuan mesin Honda Mobilio menjadi juara (yang terbaik) diantara ke dua rivalnya, Honda mobilio memakai mesin 1500 cc dengan tenaga paling besar yakni 118 HP. Mobilio juga sekaligus menjadi pemenang untuk masalah konsumsi BBM dimana mampu berjalan sejauh 14,8 kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya (pertamax).
Toyota Avanza menduduki peringkat kedua untuk besarnya tenaga yang dihasilkan, Toyota Avanza mampu mengeluarkan tenaga sebesar 104 HP, sementara Suzuki Ertiga menjadi yang terkecil tenaganya yakni 94 Hp tapi hal ini bisa dimaklumi karena kapasitas ruang bakar ertiga juga paling kecil (1400 cc).
Untuk konsumsi BBM urutan kedua paling ekonomis dipegang oleh Suzuki Ertiga dengan perbandingan 1:13,2 sedangkan paling boros adalah Toyota Avanza dengan konsumsi bahan bakar 1:12,1.

Kesimpulan
Toyota avanza memang bisa dikatakan tertinggal dari kedua pesaingnya terutama dalam hal fungsional mobil seperti konsumsi BBM, kemampuan mesin, fitur, ornamen dan lain-lain. Akan tetapi Toyota Avanza masih menjadi yang terlaris karena jaringan service yang tersebar luas (jaringan sales dan service paling besar) serta "merk" Toyota
Suzuki Ertiga menjadi mobil yang paling nyaman digunakan, memiliki banyak kelebihan terutama pada fitur serta interior mobil, mesin yang cukup irit dan tenaga yang tidak terlalu kecil untuk mobil sebesar Ertiga. Mobil ini pas bagi yang tinggal diperkotaan dan menginginkan kenyamanan saat berkendara.
Honda Mobilio berhasil memikat pasar otomotif tanah air pada tahun pertama dikeluarkan dan langsung menggeser posisi ertiga sebagai mobil MPV paling laris di Indonesia, hal ini tak luput dari kualitas Honda yang masih melekat sebagai produsen mobil berkualitas tinggi. Hal ini tidak salah karena dengan mesin yang sama besar Honda Mobilio berhasil mengeluarkan tenaga paling besar dan juga konsumsi BBM paling irit.
Nah yang yang menjadi kendala pada mobilio sebenarnya adalah material pembentuk ornamen-ornamen dalam mobil yang terlihat kurang berkualitas (berkelas) misalnya plastik pada dashboard yang terlihat kurang elegan, kulit jok yang tipis dan lain sebagainya.
Akan tetapi www.mobilku.org secara umum melihat Mobilio menjadi pemenang, masalah material pembentuk interior banyak yang menganggap hal yang biasa, sedangkan bantingan suspensi Honda mobilio yang sedikit keras juga banyak yang menyenangi karena menimbulkan dampak fun to drive.
Eksterior mobilio juga menjadi yang paling fresh dilihat, tampilan yang cantik dengan desain yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit, sedikit mengadopsi desain city car yang sporty 
 
http://www.mobilku.org/2015/03/perbandingan-avanza-mobilio-dan-ertiga.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Komunitas Panther Mania

Panther-Mania adalah sebuah klub otomotif tempat berkumpulnya pengguna, penggemar dan pemerhati kendaraan Isuzu Panther di seluruh Indonesia. Klub berawal dari sebuah mailing list yang dibentuk pada tanggal 7 April 2004 dan saat ini member mailing list telah lebih dari 2000 member. Klub sendiri diresmikan pada tanggal 19 Maret 2009 dan saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 250 member. Anggota berasal dari seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Keberadaan klub telah diakui oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia selaku ATPM Isuzu di Indonesia dan juga oleh Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O)