Langsung ke konten utama

Memakai Mobil Manual, jangan terlalu sering Setengah Kopling !


Momen liburan panjang seperti ini biasanya banyak dimanfaatkan utnuk liburan panjang ke tempat yang jauh misalnya pedesaan, liburan ke gunung, pantai dan kota-kota lain yang durasinya panjang. Sialnya tak sedikit yang melakukan itu sehingga jalanan menjadi macet bahkan sering padat merayap, yang sulit adalah ketika jalur padat merayap dengan track tanjakan seperti di puncak bogr, telaga sarangan atau kota batu malang. seperti yang pernah dialami admin mobilku.org :-D
Nah sebagai pecinta mobil manual mungkin seringkali kita mengandalkan kopling saat ditanjakan/ padat merayap dengan menginjak pedal kopling setengah (setengah diinjak) tujuannaya adalah agar mobil tidak turun saat menanjak akan tetapi juga mobil tidak maju dengan sedikit menekan gas.
Memainkan kopling terlalu sering ternyata tidak direkomendasikan meskipun sensasinya main setengah kopling cukup asyik :-), penggunaan setengah kopling ternyata memicu kampas kopling cepat habis.
Hal ini disebabkan saat kita menginjak setengah kopling maka akan ada gesekan yang terjadi antara flywheel dan cover clutch, coba bayangkan jika gesekan itu terjadi terlalu sering dan berulang-ulang... Idealnya setengah kopling memang berlaku sepersekian detik saat menginjak dan melepas pedal kopling (tidak berlangsung lama), ungkap Dadi, GM. Technical Service Toyota Astra Motor di Kelapa Gading (Rabu, 4/5/2016)

Lebih baik menginjak pedal kopling secara penuh atau tidak menginjaknya sama sekali, hal ini akan membuat komponen kopling awet tidak mudah habis/ aus/ rusak.
Nah daripada memainkan setengah kopling lebih baik memanfaatkan rem tangan (rem parkir) dan juga rem kaki (rem yang bisa dipakai) untuk menahan mobil tidak mundur, kemudian sedikit menginjak gas saat mobil hendak merayap maju dan melepas pedal rem pelan-pelan, ungkap Dadi


Mobil transmisi manual memang memberikan sensasi tersendiri bagi pengemudinya terutama yang hobi otomotif :-) meskipun mengemudi mobil sebenarnya manual lebih sulit.
Bagi sebagian orang banyak juga yang memilih transmisi otomatis karena simple dan mudah dipakai, sedikit lebih boros tidak apa-apa asalkan tidak repot :-)



Yah pendapat orang beda-beda tergantung latar belakang dan kesukaannya ya bro....

http://www.mobilku.org/2016/05/memakai-mobil-manual-jangan-terlalu.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Komunitas Panther Mania

Panther-Mania adalah sebuah klub otomotif tempat berkumpulnya pengguna, penggemar dan pemerhati kendaraan Isuzu Panther di seluruh Indonesia. Klub berawal dari sebuah mailing list yang dibentuk pada tanggal 7 April 2004 dan saat ini member mailing list telah lebih dari 2000 member. Klub sendiri diresmikan pada tanggal 19 Maret 2009 dan saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 250 member. Anggota berasal dari seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Keberadaan klub telah diakui oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia selaku ATPM Isuzu di Indonesia dan juga oleh Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O)