Langsung ke konten utama

Apabila Panther masuk angin


Salam para Panther owner semua, pada posting kali ini saya akan membahas mengenai panther masuk angin. Prinsip utama mesin diesel adalah terjadinya pembakaran akibat tekanan tinggi antara campuran solar dari pompa solar dan udara dari filter udara disemprotkan ke ruang bakar oleh nozzle terkena gerakan piston akan menimbulkan ledakan didalam ruang bakar mesin yang membuat mesin bekerja. Hal ini berbeda dengan mesin bensin yang pembakarannya karena adanya loncatan bunga api dari busi yang menyambar campuran bensin dan udara membuat mesin bekerja.
Jika anda memiliki mmobil diesel misalnya Isuzu Panther, salah satu kendala yang paling sering dijumpai adalah fenomena panther masuk angin. Penyebab utamanya adalah terganggunya aliran solar dari tangki ke ruang bakar akibat adanya udara yang ikut masuk dalam selang menuju ruang pembakaran bersama dengan solar. Hal ini biasanya bermula karena jumlah solar yang ada di tangki BBM kurang dari 1/4 dari daya tampungnya dan akan sangat beresiko ketika panther menempuh perjalan yang berupa medan tanjakan dan turunan. Saat tangki mobil penuh, maka tidak ada udara yang bisa masuk ke tangki, sedangkan dengan semakin berkurangnya jumlah solar di tangki, akan membuat masuknya udara dari tutup tangki lalu udara mengisi ruang yang kosong akibat berkurangnya solar.

Adapun gejala-gejala yang menandakan mobil panther anda masuk angin adalah:
1.Indikator solar biasanya dibawah garis setengah.
2.Mobil menjadi susah dinyalakan, kalaupun berhasil menyala itu hanya beberapa saat saja setelah itu mobil akan mati meskipun pedal gas diinjak. Begitu seterusnya saat anda coba menyalakan mesin kembali.
3.Apabila posisi mobil sedang berjalan, yang terasa adalah terjadi penurunan power mesin secara tiba-tiba, padahal pedal gas tidak dikurangi.Mesin kemudian terasa bertenaga kembali dan tidak berselang lama akan turun lagi powernya sampai panther akan berhenti karena mesin mati.
Apabila anda panther owner sekalian mengalami hal tersebut, maka jangan panik. ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi problem masuk angin:
1.Lihat ke panel penunjuk BBM di dashboard anda, jika posisi jarum dibawah 1/2 dari kapasitas kemungkinan besar adalah masuk angin sedang menyerang panther anda.
2.Putar kinci kontak ke posisi off dan bukalah kap mesin panther anda.
3.Siapkan kuci pas nomor 10 dan putar baut pembuang angin yang ada di pompa tangan (dekat filter solar).

4.Kendorkan saja baut tersebut sampai terlihat lubang kecil di badan baut. tidak perlu anda kendorkan sampai lepas baut tersebut (takut jatuh bahkan bisa hilang malah akan membuat masalah baru).
5.Pompalah beberapa kali pada pompa solar samapi anda lihar solar mengalir keluar melalui lubang baut tersebut. amati adanya gelembung udara yang juga ikut keluar.pompa terus sampai terasa pompa semakin berat dan semua gelembung sudah tidak ada lagi, hanya solar yang mengalir keluar.
6.Kencangkan kembali baut tersebut dan ulangi kembali dengan memompa sampai benar-benar tersa keras pompa solar tersebut.
7.Nyalakan mesin anda sampai menyala, jika berhasil maka mesin akan mudah distater dan tidak ada lagi gejala masuk angin.
8.Lanjutkan perjalanan anda dan carilah SPBU terdekat untuk mengisi solar usahakan bisa full tank.
9.Usahakan selalu mengisi BBM sebelum jarum menunjukkan level 1/2 dari kapasitas untuk menghindari panther masuk angin.
Semoga tips tersebut bisa menambah pengetahuan para Panther owner semua dan bisa melakukan perjalanan tanpa rasa was-was akibat panther masuk angin, pakai sabuk pengaman dan patuhi rambu lalulintas semoga selamat sampai tujuan.

http://ekowijanarko.blogspot.co.id/2011/01/panther-masuk-angin.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Perbandingan isuzu panther Grand Touring, LS, Touring

Compare Grand Toring , LS, Touring GRAND TOURING LS TOURING