Langsung ke konten utama

Penyebab dan Masalah AC Mobil Tidak Dingin





Kali ini saya akan bahas beberapa penyebab dan kenapa Ac mobil tidak dingin atau dinginnya berkurang baik saat berjalan disiang hari, saat berhenti atau kena macet, serta permasalahan ac yang lain seperti ac tidak keluar angin, keluar angin namun kurang dingin (dinginnya lama), dsb.

Air Conditioner atau lebih sering disingkat AC, tentu memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil. Ya, bayangkan bila mobil anda AC-nya dalam kondisi rusak, dan anda sedang terjebak macet disiang hari. tentu hal itu bagaikan mimpi buruk yang tidak anda inginkan samasekali.

Lalu bagaiman bila AC anda masih bisa menyala namun tidak bisa dingin dengan maksimal ataupun anda mulai merasakan berkurangnya dingin yang dihasilkan oleh AC di dalam mobil. Apa saja yang menjadi penyebabnya? Dan mengapa itu bisa terjadi dan apa yang mempengaruhinya? Inilah jawabannya.
AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya sebagai berikut;
  1. Kondensor – Radiator
  2. Evaporator (Evap)
  3. Freon / Cairan Freon
  4. Motor Fan / Kipas
  5. Kompressor
  6. Magnetic Clutch
  7. Serta komponen-komponen yang lain seperti selang, seal, swicthing, dll.
Penyebab utama AC tidak dingin atau masalah “yang paling sering terjadi” adalah freon berkurang atau habis.
Penyebab dari berkurangnya kerja dari AC mobil bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada AC. Kebocoran tersebut kemudian membuat freon yang didalamnya menjadi berkurang atau bahkan sudah habis sama sekali. Lalu kebocoran tersebut akan mempengaruhi kinerja dari komponen lainnya, yang juga akan memperparah adanya kerusakan.
Kebanyakan yang menjadi penyebab kebocoran ac terletak pada karet seal pada sambungan selang atau pipa atau bisa juga karena sudah renggang, termasuk lubang sekecil jarum pada selang atau pipa juga bisa menjadi penyebab bocornya freon ac mobil anda.
Cara mengecek freon masih atau tidak, secara manual adalah dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC dan mesin hidup. Bila setelah itu freon berbusa makan freon pada AC dalam kondisi habis karena bila masih ada akan terlihat bening dari kaca.
Jika freon tidak bocor dan normal maka tekanan freon-nya kurang, ini disebabkan karena kompressor sudah tidak maksimal lagi, bisa karena oli, dsb.
Ingat!!! bahwa kualitas freon itu juga bermacam-macam termurah kisaran 700 per-tabung sampai dengan 2.5 juta per-tabung, freon manakah yang anda pakai? jangan terpancing pada kalimat ‘ isi freon murah’, berkualitas atau tidak akan berpengaruh pada dinginnya ac.


Berkurangnya freon juga dapat mengakibatkan kompresor, ekspansi dan tabung dryer kemudian menjadi berat. Bila hal tersebut dibiarkan terus menerus terjadi maka yang ada adalah AC kemudian menjadi jebol. Dan hal tersebutlah yang biasa terjadi pada AC mobil, karena kurang diperhatikan kondisinya, maka kebocoran tidak terlihat apalagi kondisi dari freon. Apabila kondisi freon sudah diperhatikan maka perlu juga untuk memperhatikan kondisi atau ketersediaan dari oli kompresor.

Karena oli kompresor juga harus diganti, kemudian jangan lupa untuk membuang sisa dari freon dan menganti semuanya dengan freon yang baru.Malam hari AC mobil saya dingin tapi ketika siang hari tidak dingin, kenapa?




Evaporator adalah komponen ac yang bertugas menyerap udara dari luar dan mengubahnya menjadi udara dingin melalui sirip-sirip pendingin atau mudahnya merubah cairan freon menjadi gas dingin.


Karena evap-nya sudah tidak bekerja maksimal tentu dinginnya ac juga berkurang, sehingga udara yang lebih panas disiang hari tidak bisa dirubah menjadi lebih dingin, namun jika malam hari udaranya tidak begitu panas jadi ac masih lebih dingin daripada siang hari.

Kenapa disaat mobil saya jalan kencang ac-nya terasa dingin, tapi ketika berhenti atau macet dinginnya tidak terasa lagi?

Disaat mobil berjalan kencang terpaan angin akan terasa, jika berhenti atau berjalan lambat terpaan angin juga sedikit sekali, disinilah fungsi dan kegunaan motor fan AC (kipas), lalu kenapa fan ac sudah tidak maksimal? bisa jadi karena memang sudah lemah, bisa juga tidak jalan alias macet, kemudian swicthing rusak dan thermostats tidak berfungsi, jika sudah begini lebih baik ganti dengan satu paket karena lebih meyakinkan daripada rusak-rusak lagi dikemudian hari.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kelistrikannya. Ektra Fan AC ini menjadi penting untuk diperhatikan karena pada bagian elektriknya atau sirkulasi kelistrikannya untuk mencegah masalah yang ditimbulkan pada AC mobil anda.

http://superpolishpremium.com/penyebab-ac-mobil-tidak-dingin/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Komunitas Panther Mania

Panther-Mania adalah sebuah klub otomotif tempat berkumpulnya pengguna, penggemar dan pemerhati kendaraan Isuzu Panther di seluruh Indonesia. Klub berawal dari sebuah mailing list yang dibentuk pada tanggal 7 April 2004 dan saat ini member mailing list telah lebih dari 2000 member. Klub sendiri diresmikan pada tanggal 19 Maret 2009 dan saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 250 member. Anggota berasal dari seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Keberadaan klub telah diakui oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia selaku ATPM Isuzu di Indonesia dan juga oleh Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O)