IMHO :
Membuat suspensi Panther menjadi lebih nyaman dibanding suspensi asli
si Panther itu masih masuk akal, tapi kalau ingin membuat senyaman
suspensi per keong TANPA mengorbankan kestabilan / Roll factor etc.
tentu memerlukan modifikasi yang tidak kecil.
Coba bapak bapak perhatikan Daihatsu Rocky per daun dan Rocky
Independent (per keong), lihat jarak roda kanan - kiri pada roda
belakang Rocky per daun vs. Rocky per keong...itu baru hal yg
terlihat oleh mata, belum lagi kita bicara soal camber / caster etc.
Bila kita ingin mengganti per belakang Panther dengan Coil spring
(per keong), tentu jarak roda - kiri & kanan harus dihitung ulang,
juga besaran camber / caster nya, agar kestabilan sewaktu menikung
tetap terjaga.
Bila ingin mengganti per belakang Panther dengan per keong tanpa
merubah jarak kanan - kiri roda DAN kestabilan tetap terjaga, satu
satunya jalan hanya dengan mengaplikasikan sistem suspensi aktif
seperti sistem air suspension pada mobil2 High End macam Mercedes CL
500, juga stabilizer aktif yang digerakkan oleh elektro motor seperti
pada BMW seri 7 baru dan seri 5 terbaru..........sistem suspensi
aktif tentu juga memerlukan software yang sesuai dengan karakteristik
mobil ybs. dan hal ini bisa dicapai secara ekonomis bila diproduksi
secara besar besaran (kalau cuman satu dua unit saja, berapa anda mau
bayar berapa Euro teknisi dari Sachs utk mendisain active suspension
khusus utk mobil anda).
Utk Panther kapsul menurut saya karakteristik per daun belakang sudah
empuk (bahkan agak sedikit keempukan), utk membuatnya nyaman
kombinasikanlah dengan shock arbsorber double action yg type oli dng
kekerasan medium macam KONI Special (oli) utk meredam rebound force
(tendangan balik ke atas).
Utk Panther lama suspensi per daun belakang memang agak cukup keras,
di Jakarta ada bengkel per Cahaya di Jl. Fatmawati ynag bisa membuat
per daun menjadi empuk, coba aja anda datang ke sana......lalu saran
saya setelah per daun dibuat lebih empuk, harus diimbangi dengan
penggunaan shock arbsorber yang lebih firm (double action).
Kalau suspensi depan Panther yg Torsion Bar mau gak mau harus
menggunakan shock double action type gas agar bagian depan mobil
tidak "mengangguk - angguk" bila melewati jalan jelek. Monroe Gas
Magnum cukup.
salam
Andy
Subject: [panther-mania] Re: Panther senyaman sedan
Date: Wednesday 30 June 2004 12:36
From: "aandysh"
To: panther-mania@yahoogroups.com
http://panther-mania.blogspot.co.id/2005/05/panther-senyaman-sedan.html
Membuat suspensi Panther menjadi lebih nyaman dibanding suspensi asli
si Panther itu masih masuk akal, tapi kalau ingin membuat senyaman
suspensi per keong TANPA mengorbankan kestabilan / Roll factor etc.
tentu memerlukan modifikasi yang tidak kecil.
Coba bapak bapak perhatikan Daihatsu Rocky per daun dan Rocky
Independent (per keong), lihat jarak roda kanan - kiri pada roda
belakang Rocky per daun vs. Rocky per keong...itu baru hal yg
terlihat oleh mata, belum lagi kita bicara soal camber / caster etc.
Bila kita ingin mengganti per belakang Panther dengan Coil spring
(per keong), tentu jarak roda - kiri & kanan harus dihitung ulang,
juga besaran camber / caster nya, agar kestabilan sewaktu menikung
tetap terjaga.
Bila ingin mengganti per belakang Panther dengan per keong tanpa
merubah jarak kanan - kiri roda DAN kestabilan tetap terjaga, satu
satunya jalan hanya dengan mengaplikasikan sistem suspensi aktif
seperti sistem air suspension pada mobil2 High End macam Mercedes CL
500, juga stabilizer aktif yang digerakkan oleh elektro motor seperti
pada BMW seri 7 baru dan seri 5 terbaru..........sistem suspensi
aktif tentu juga memerlukan software yang sesuai dengan karakteristik
mobil ybs. dan hal ini bisa dicapai secara ekonomis bila diproduksi
secara besar besaran (kalau cuman satu dua unit saja, berapa anda mau
bayar berapa Euro teknisi dari Sachs utk mendisain active suspension
khusus utk mobil anda).
Utk Panther kapsul menurut saya karakteristik per daun belakang sudah
empuk (bahkan agak sedikit keempukan), utk membuatnya nyaman
kombinasikanlah dengan shock arbsorber double action yg type oli dng
kekerasan medium macam KONI Special (oli) utk meredam rebound force
(tendangan balik ke atas).
Utk Panther lama suspensi per daun belakang memang agak cukup keras,
di Jakarta ada bengkel per Cahaya di Jl. Fatmawati ynag bisa membuat
per daun menjadi empuk, coba aja anda datang ke sana......lalu saran
saya setelah per daun dibuat lebih empuk, harus diimbangi dengan
penggunaan shock arbsorber yang lebih firm (double action).
Kalau suspensi depan Panther yg Torsion Bar mau gak mau harus
menggunakan shock double action type gas agar bagian depan mobil
tidak "mengangguk - angguk" bila melewati jalan jelek. Monroe Gas
Magnum cukup.
salam
Andy
Subject: [panther-mania] Re: Panther senyaman sedan
Date: Wednesday 30 June 2004 12:36
From: "aandysh"
To: panther-mania@yahoogroups.com
http://panther-mania.blogspot.co.id/2005/05/panther-senyaman-sedan.html
Komentar
Posting Komentar