Setiap mobil dibekali sebuah indikator suhu mesin yang bisa memonitor
apakah suhu mesin normal atau tidak, indikator suhu ini ada yang digital
dan analog tergantung jenis mobilnya. Saat mesin mobil dijalankan kita
bisa mengetahui bahwa suhu mesin naik dari melihat jarum indikator
apakah bergerak menembus batas atas? jika menembus batas atas berarti
pecinta otomotif harus mengistirahatkan mesin terlebih dahulu, jika
pergerakannya relatif cepat misal 1 setengah jam dipakai tapi suhunya
sudah naik drastis maka disitu adalah sinyal bahwa mobil kita sedang
tidak beres/ ada kerusakan.
Untuk indikator suhu/ temperatur digital tidak memakai jarum akan tetapi
memakai angka digital dan lampu sinyal, jika lampu menyala maka
menunjukan mesin kepanasan/ overheat, jika overheat terjadi secara
cepat/ tidak normal berarti ada kerusakan pada mesin dimana yang patut
dicurigai adalah sistem pendingin mobil mulai kipas radiator, pompa
radiator, air dan lain sebagainya.
Nah bagaimana jika di jalan tiba-tiba mobil kepanasan tiba-tiba suhu
meninggi? hentikan mobil/ pinggirkan, awas jangan tiba-tiba membuka kap
mesin karena udara di mesin sangat panas dan dikhawatirkan mengenai
muka. Pinggirkan, matikan mesin dan biarkan dingin barang 10 atau 15
menit baru boleh dibuka kap mesin, selamjutnya baca cara mengatasi mobil kepanasan
Penyebab Mesin Cepat Panas/ Suhu Mobil Naik
Penyebabnya macam-macam, antara lain:
1. Kipas Radiator tidak berputar, hal ini bisa terjadi akibat rusaknya kipas. Lemahnya putaran kipas juga menjadi penyebab suhu mesin naik akibat pendinginan tidak maksimal.
2. Bocornya radiator, kebocoran radiator meskipun kecil bisa menyebabkan air menetes terus menerus sehingga air radiator habis dengan cepat. Habisnya air dalam radiator menyebabkan media untuk mengalihkan panas dari mesin ke radiator/ plat pendingin tidak ada sehingga otomatis pendinginan tidak berjalan.
3. Sirkulasi air radiator tidak berjalan normal, hal ini bisa terjadi akibat v belt putus atau waterpump rusak.
* Jika terjadi masalah pada sistem pendingin/ radiator maka pecinta otomotif harus membereskannya terlebih dahulu, misalnya suhu/ temperatur tiba-tiba naik melebihi ambang batas maka pecinta otomotif harus meminggirkan mesin dan membereskan masalah yang terjadi.
Misal masalah adalah lambatnya putaran kipas/ bahkan tidak berputar sama sekali maka pecinta otomotif harus mengatasi masalah ini dulu sebelum menjalankan mobil karena jika dipaksakan mobil berjalan tanpa kipas radiator sama saja mobil tanpa pendingin, hal ini sangat fatal akibatnya dan bisa merusak mesin. so pendingin yang normal adalah wajib untuk mobil
Komentar
Posting Komentar