Sayangnya kijang kapsul juga memiliki beberapa kelemahan, kelemahan kijang kapsul paling utama adalah pada konsumsi bahan bakar yang cukup boros, nanti akan kita bahas mengalir mengenai mobil ini.
Kijang kapsul memiliki 7 varian yakni SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista. Varian kijang di atas diurutkan berdasarkan kualitas mobil dimana varian terendah/ standart ada pada SX dan LX, Varian Deluxe SSX dan LSX, Varian Grand SGX dan LGX, dan varian tertinggi adalah kijang krista.
Mesin kijang kapsul terbagi dalam 4 tipe yakni, mesin bensin 1800 cc
dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan karburator, mesin bensin
1800 cc menggunakan pasokan bahan bakar sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan mesin diesel 2400 cc.
SX dan LX
Kijang Kapsul SX dan LX merupakan varian standart dan generasi pertama
kijang kapsul, mobil ini memakai mesin 4 silinder OHV dengan kapasitas silinder 1800 cc, menggunakan pasokan bahan bakar karburator, menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki tenaga / daya maksimum 80 Ps pada 4800 rpm, memiliki torsi maksimum 14,3 Kgm pada 2800 rpm (tidak culup besar untuk ukuran mobil jaman sekarang).
SX dan LX masih menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan dengan rasio gigi akhir adalah 4,100. Sistem kemudi jenis kijang ini sudah menggunakan power steering rack & pinion, memiliki panjang mobil keselurukan 4,245 meter dengan radius putar minimum 4,7 meter, mobil ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 lt, sistem pengereman SX dan LX pada bagian depan menggunakan cakram berventilasi tandem vacuum boster dan pada bagian belakang menggunakan tromol tandem vacuum boster.
LSX dan SSX
Kijang SSX berbeda dimensi dengan LSX dimana LSX merupakan versi long
dengan panjang 4495 mm sedangkan SSX memiliki panjang 4245, kijang
kapsul tipe ini juga memiliki varian mesin diesel LSX-D
dan SSX-D. Varian bensin memakai mesin 4 silinder OHV 1800 cc dengan
daya maksimum 84 Ps pada 4800 rpm (lebih besar dari SX dan LX), LSX dan
SSX bensin juga memiliki torsi maksimum yang lebih besar yakni 14,6 kgm
pada 2800 rpm, menggunakan bahan baker bensin dengan pasokan bahan bakar
EFI.
Pada varian diesel memakai mesin 4 silinder SOHC dengan kapasitas silinder 2445 cc, mesin diesel ini memiliki daya maksimum
83 Ps pada 4200 rpm dengan torsi maksimum 16,3 Kgm pada 2400 rpm,
memakai bahan bakar solar dengan sistem pasokan bahan bakar injection.
LSX dan SSX sudah lebih baik dalam interior maupun eksterior dengan perbaikan pada suspensi depan yang menggunakan pegas batang torsi,
perbaikan juga dilakukan pada sistem kemudi dimana power steering telah
memakai rack & pinion dan power assist. Perubahan yang mencolok
pada tipe LSX SSX ini adalah penggunaan mesin diesel dan perubahan pada sistem pasokan bahan bakar yang tidak lagi menggunakan karburator akan tetapi telah menggunakan EFI dan sistem injection.
Untuk spesifikasi LGX SGX dan kijang Krista kami ulas pada artikel depan...
Kekurangan atau kelemahan Kijang kapsul ada beberapa catatan, antara lain:
1. Konsumsi bahan bakar yang cukup boros,
yakni mencapai 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota, hal ini kadang tidak
diketahun konsumen yang ingin membeli mobil ini, sebagai perbandingan
kijang innova memiliki konsumsi bahan bakar 1:8 untuk dalam kota dan
1:12 untuk luar kota, bisa dibayangkan betapa boros mobil ini,
perbandingan dengan isuzu panther grand touring (rival kijang innova)
yang memiliki konsumsi bahan bakar sampai 1:16 km untuk luar kota
sedangkan dalam kota mencapai 1: 11
2. Suspensi per daun pada kijang kapsul sering menjadi masalah terutama
ketika melewati medan yang cukup berat, ini dapat terlihat jika mobil
terlihat miring ke salah satu sisi.
3. Karet Body pada Kijang kapsul sering retak/ mengelupas, jangan
sungkan untuk mengganti karena ini memang kelemahan kijang kapsul
4. Arm atau bushing arm sering aus.
Berikut ini Harga pasaran kijang kapsul :
Harga Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel 2.4 SSX-D, Th 2000 Rp. 80 juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel 2.4 SSX-D, Th 2001 Rp. 85 juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel 2.4 SSX-D, Th 2002 Rp. 90 juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel Krista 2.4 D, Th 2000 Rp. 105 Juta
Harga Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel Krista 2.4 D, Th 2001 Rp. 110 Juta
Toyota Kijang Kapsul 2.4 Diesel Krista 2.4 D, Th 2002 Rp. 115 juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI, Th 2000 Rp. 100 juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI, Th 2001 Rp. 105 Juta
Harga Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI, Th 2002 Rp. 115 Juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI Last Model, Th 2002 Rp. 120 Juta
Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI Last Model, Th 2003 Rp. 125 juta
Harga Toyota Kijang Kapsul 1.8 Bensin 1.8 LGX EFI Last Model, Th 2004 Rp. 130 juta
Selanjutnya silahkan cek harga di mobilkapanlagi
rujukan : http://www.mobilku.org/2012/09/kijang-kapsul-lx-lsx-lgx-krista.html
Komentar
Posting Komentar