Langsung ke konten utama

Beda FWD dan RWD mana yang lebih unggul?

FWD dan RWD mana yang lebih baik? sebenarnya antara 2 sistem penggerak tersebut memiliki kenggulan dan kelemahannya masing-masing, dimana FWD sangat baik dalam akselerasi jalan aspal sedangkan RWD memiliki ketangguhan dalam melewati jalan-jalan yang lebih berat misalnya jalan
tanah tanjakan yang licin. Ok mari kita ulas perbedaan FWD dan RWD lebih detail
FWD / Front Wheel Drive
FWD atau Front Wheel Drive adalah sistem penggerak pada mobil dengan menggunakan roda bagian depan, sistem penggerak ini sebagian besar tidak menggunakan gardan karena mesin ditempatkan langsung di atas as roda, ada pula mobil yang menempatkan mesinnya di belakang seperti VW kodok (sekarang sudah langka) jika menggunakan FWD otomatis harus menggunakan gardan pula. Sebagian besar mesin mobil berada di depan; hal ini selain memberikan keuntungan lebih fleksibel (mudah perawatan) juga lebih menunjang keselamatan berkendara (sebagai pelindung pengemudi/ penumpang), ok kita asumsikan mobil yang memakai FWD memiliki mesin yang terletak didepan pula.
Sistem penggerak FWD memiliki keunggulan pada:
1. Lebih cepat berakselerasi untuk medan aspal (onroad)
2. Lebih efisien, tenaga tidak banyak terbuang karena tidak harus melewati gardan (juga lebih hemat bahan bakar)
3. Bobot kendaraan lebih ringan karena tanpa gardan
Sistem penggerak depan atau FWD ini juga memiliki kelemahan yakni
1. untuk jalan tanah/ off road FWD kurang bagus karena penggerak depan sering selip saat melewari jalanan tanjakan yang licin
2. mesin menjadi rumit karena bagian depan harus diisi oleh mesin dan sistem penggerak
3. kekuatan dalam membawa beban kurang bagus
4. Radius putar lebih luas, karena bagian as roda depan selain mengatur sistem kemudi juga mengatur sistem penggerak. Hal ini menyebabkan dibutuhkan ruang yang lebih luas untuk berputar
Sistem penggerak roda depan atau FWD ini sangat cocok untuk mobil-mobil jenis sedan, city car dan mobil sport yang memerlukan kelincahan dan akselerasi tinggi di jalanan aspal, sementara untuk mobil jenis MPV penggerak model ini kurang cocok.
RWD / Rear Wheel Drive
Merupakan sistem penggerak yang menggunakan roda belakang untuk menggerakkan mobil, RWD ini secara sederhana adalah kebalikan dari penggerak FWD di atas. Kebanyakan memakai gardan, cukup kuat untuk jalan ekstrim, mampu membawa beban dengan lebih baik akan tetapi kurang dalam akselerasi (percepatan) di jalan aspal.
Kelebihan sistem RWD adalah
1. Lebih tangguh untuk jalanan ekstrim (tanah atau tanjakan), relatif tidak gampang selip (kehilangan traksi)
2. Lebih tahan lama (tidak mudah rusak)
3. Radius putar mobil biasanya lebih kecil ; mobil bisa berputar pada ruangan yang cukup sempit
Kelemahan RWD adalah
1. Akselerasi kurang, jika dibandingkan FWD
2. Lebih boros tenaga
Sistem penggerak roda belakang ini sangat cocok digunakan untuk mobil-mobil MPV, Niaga, SUV dan Truck. Kurang cocok untuk mobil-mobil sport, sedan dan city car.

http://www.mobilku.org/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Komunitas Panther Mania

Panther-Mania adalah sebuah klub otomotif tempat berkumpulnya pengguna, penggemar dan pemerhati kendaraan Isuzu Panther di seluruh Indonesia. Klub berawal dari sebuah mailing list yang dibentuk pada tanggal 7 April 2004 dan saat ini member mailing list telah lebih dari 2000 member. Klub sendiri diresmikan pada tanggal 19 Maret 2009 dan saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 250 member. Anggota berasal dari seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Keberadaan klub telah diakui oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia selaku ATPM Isuzu di Indonesia dan juga oleh Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O)