, sekarang sejarah singkat dari mobil yang disebut-sebut paling laris diseluruh dunia:
Corolla diambil dari bahasa latin yang artinya mahkota kecil. Menandakan, Corolla adalah varian sedan terendah dari sedan buatan Toyota lainnya seperti Crown dan Corona yang kini diganti jadi Camry. Corolla telah diproduksi selama 40 tahun dan selama itu, sudah 35 juta unit terjual diseluruh dunia. Diperkenalkan pada tahun 1966, kode sasis dari Corolla adalah “E”.
Corolla selain menjadi basis bagi dirinya sendiri, juga menjadi basis dari berbagai macam mobil produksi Toyota lainnya, bahkan pabrikan lain seperti Daihatsu, Pontiac dan Holden juga menggunakannya sebagai basis model mereka.
Filosofi dari mobil ini:
Quote:
The Philosophy of a Corolla by Fumio Agetsuma: * Quiet cars will have a definite edge. Conservation of both resources and fuel will be very important. Economy and value will also carry considerable weight. * Our new Corolla must be as aerodynamically perfect as the parameters allow. It must be comfortable, with enough interior room to move about in. It will need all the modern features that future customers will want as well. * Corolla must change. But we should never destroy the popular base upon which Corolla sales are built. Our new car must reflect the wishes of the consumer, the ordinary people who drive Corollas. * There should be no generation gap with Corolla. It should appeal to young and old alike. Corolla must also transcend national boundaries. It must perform as well in sub-zero temperatures as it does in the tropics or in the heat of the deserts of the world. Above all, Corolla must be a car that pleases. * Corolla has an illustrious tradition. Now, let us build our new Corolla on that tradition, the kind of new Corolla we know the drivers of the world will expect. |
Part I
01. Corolla generasi 1 [E10]
Spoiler for Sedan E10/E15/E11/E17:
Spoiler for Wagon E16/E18:
Quote:
Diperkenalkan pada tahun 1966 dan berhenti diproduksi tahun 1970, mobil sedan kompak ini pada awalnya direncanakan untuk bermesin dibawah 1000cc, namun agar bisa bersaing ketat dengan Datsun 1000, maka mesin K 1077cc dengan layout FR-lah yang digunakan. Pada tahun 1969, diperkenalkan mesin 3K 1166cc untuk menggantikan mesin lama. |
Spoiler for sedan:
Spoiler for wagon:
Spoiler for Levin:
Quote:
Diperkenalkan pada tahun 1970. masih menggunakan layout FR. Dikenal 2
varian, KE dan TE, dimana TE merupakan varian yang lebih sporty.
Termasuk didalamnya Corolla Levin. Generasi inilah yang pertama kali
masuk Indonesia. mesin dan variannya: T - 1.4L 8 valve OHV, 86 hp untuk TE20 Std T-D - 1.4L 8 valve OHV, 90 hp untuk TE20 DX; TE25 DX T-B - 1.4L 8 valve OHV, twin carb untuk TE20 Hi-DX dan TE25 Hi-DX 2T - 1.6L 8 valve OHV untuk TE25 SL 2T-B - 1.6L 8 valve OHV, twin carb untuk TE25 SR dan TE27 Levin 2T-G - 1.6L 8 valve DOHC, twin carb untuk TE27 Levin Twincam 3K - 1.2L 8valve OHV, 55 hp untuk KE20 Std [versi Indonesia menggunakan mesin ini] 3K-D - 1.2L 8 valve OHV, 73 hp untuk KE20 DX, KE25 DX dan KE26 3K-B - 1.2L 8 valve, twin carb untuk KE20 Hi-DX, KE25 Hi-DX dan SL |
03. Corolla generasi 3 [E30, E40, E50, E60]
Spoiler for Sedan:
Spoiler for Wagon:
Spoiler for Levin:
Quote:
Diperkenalkan pada tahun 1974. Pada generasi ini terdapat pemisahan
kode sasis E30 untuk varian Corolla dan E40 untuk varian Corolla Levin.
Pada tahun 1976 dikarenakan adanya facelift, maka kode sasisnya berubah
menjadi E50 untuk Corolla dan E60 untuk Corolla levin. Mesin: 2T-G - 1.6L 8 valve DOHC, 124 hp 2T-C - 1.6L 8 valve OHV, 75 hp 3K-C - 1.2L 8 valve OHV, 55 hp [Versi Indonesia menggunakan mesin ini] 4K-C - 1.3L 8 valve OHV, 60 hp |
Spoiler for Sedan 79-80:
Spoiler for Sedan 80-81:
Spoiler for Sedan 81-82:
Spoiler for Sedan 82-83:
Spoiler for Wagon:
Spoiler for Levin:
Quote:
Diluncurkan
di Jepang pada tahun 1979, E70 adalah generasi terakhir yang kesemua
variannya menggunakan layout FR[penggerak roda belakang]. Generasi ini
mengalami beberapa facelift pada masa hidupnya. Hampir tiap tahun,
terjadi perubahan. Juga merupakan basis dari Daihatsu Charmant. Di
Indonesia dikenal dengan nama Corolla DX. Mobil favorit ane nih gan ...
mobil idola waktu masih kecil dan sekarang kesampean jadi kendaraan
sehari-hari Mesin: 4K-U - 1.3L 8 valve Pushrod, 74 hp [ini mesin mobil ane gan ] 5K-C - 1.5L 8 valve Pushrod 3A-U - 1.5L 8 valve SOHC, 80 hp 2T-GEU - 1.6L 8 valve DOHC, EFI, 115 hp |
Spoiler for Sedan:
Spoiler for Hatchback:
Spoiler for Levin:
Spoiler for Trueno:
Quote:
Generasi
kelima dari Corolla ini menandakan era berpindahnya penggerak dari roda
belakang [FR] ke roda depan [FF]. Namun varian Levin tetap menggunakan
layout FR. Disini pula sebuah mesin dengan kode 4A-GE diperkenalkan.
Mesin 1.6L 16 valve DOHC ini memuntahkan tenaga sebesar 124 hp, yang
mengantarkan Levin generasi ini bersama kembarannya Sprinter Trueno,
terkenal di dunia balap. Dan juga menjadi bintang di serial Initial D.
Di indonesia varian GL dan SE lah yang diperkenalkan, keduanya adalah
sedan.Mesin dan varian:
3A-LU - 1.5L 8 valve SOHC, 83 hp untuk varian sedan dan Hatchback AE81 layout FF
3A-U - 1.5 L 8 valve SOHC, 83 hp untuk varian Levin AE85 layout FR
4A-GE - 1.6L 16 valve DOHC, EFI, 130 hp untuk varian Levin AE86 layout FR
1C - 1.8L Diesel MI, 58 hp untuk pasaran Eropa
2A - 1.2L 8 valve SOHC untuk varian GL di Indonesia
2E - 1.3L 12 valve SOHC, 75 hp untuk varian SE di Indonesia
06. Corolla generasi 6 [E90]
Spoiler for Sedan:
Spoiler for Liftback:
Spoiler for Wagon:
Spoiler for Carib 4WD:
Spoiler for Levin:
Quote:
Generasi ke
enam ini menandakan hilangnya penggerak roda belakang bagi Corolla.
Dimana semua basis Corolla mulai dari sekarang menggunakan penggerak
roda depan [pengecualian bagi tipe 4WD wagon]. Mulai di produksi tahun
1987 hingga 1992, Corolla generasi ini mulai meninggalkan bentuk
mengotak seperti halnya semua pabrikan mobil lainnya. Di Indonesia
sendiri dikenal 4 varian dari mobil yang disebut Twincam ini, yaitu
Liftback, SE, SE Limited, dan GTi. Mesin: 2E - 1.3L 12 valve [SE di Indonesia] 5A-F - 1.5L 16 valve DOHC 5A-FHE - 1.5L 16 valve DOHC, FI 4A-FE - 1.6L 16 valve DOHC [Liftback dan SE Limited di Indonesia] 4A-GE - 1.6L 16 valve DOHC, FI [GTi di Indonesia] 4A-GZE - 1.6L 16 valve DOHC, SUpercharger 1C-III - 1.8L Diesel OHC |
Quote:
tambahan dari bro jdm4ever, tapi gak semuanya berhubung terbatasnya spasi
Quote:
|
07. Corolla generasi 7 [E100]
Spoiler for Sedan:
Spoiler for Hatchback:
Spoiler for Wagon:
Spoiler for Levin:
Quote:
Generasi ke
tujuh ini lebih dikenal sebagai Great Corolla di Indonesia. Salah satu
mobil terlaris pada masanya dan masih menjadi incaran pecinta Corolla.
Lucunya, di Jepang-nya sendiri,mobil ini kurang mendapat perhatian,
dikarenakan melonjaknya nilai tukar Yen. Bisa dilihat dari harga
jualnya yang masih tinggi untuk mobil berusia lebih dari 10 tahun ini.
Generasi ini juga menandakan perpindahan Corolla dari kelas sub-kompak
ke kelas sedan kompak. Menawarkan varian mesin yang cukup banyak mulai
dari Diesel hingga ke mesin legendaris 4A-GE. Model, mesin dan varian: karena cukup banyak, saya persingkat hanya beberapa saja EE101 - mesin 4E-FE 1.3L 16 valve DOHC. Corolla SE kalau di Indonesia AE101 - mesin 4A-FE 1.6L 16 valve DOHC. Corolla SE-G kalau di Indonesia CE101 - mesin 2C 2.0L Diesel AE101 - mesin 4A-GE 1.6L 20 valve DOHC atau 4A-GZE 1.6L Supercharge. Untuk Levin |
Quote:
tambahan dari bro rEfLeKt
Spoiler for greco 92-93:
|
Spoiler for Sedan 1.6L:
Spoiler for Sedan 1.8L:
Spoiler for Model Eropa:
Spoiler for Levin:
Quote:
Di generasi
ke 8 ini, Toyota membedakan tampilan versi Eropa dengan yang lain. Di
generasi inilah Corolla versi Eropa masuk ke medan WRC. Digenerasi ini
pula nama Sprinter terakhir kali digunakan. Karena masa resesi, sasis
dari Corolla generasi ini, masih menggunakan sasis generasi sebelumnya,
hanya merubah kode sasis-nya saja. Pertamakali diluncurkan di Jepang
pada tahun 1995. Di Indonesia sendiri dikenal dengan nama All New
Corolla pada tahun 1996, dengan trim 1.6L SEG, XLi, dan S-Cruise. Dan
pada tahun 1998, diperkenalkan model 1.8L XLi dan SEG. Mesin: 4A-GE - 1.6L 20 valve DOHC FI, 165 ps 4A-FE - 1.6L 16 valve DOHC FI, 115 ps [1.6 XLi, SE-G dan S-Cruise di Indonesia] 5A-FE - 1.5L 16 valve DOHC FI, 100 ps 4E-FE - 1.3L 16 valve DOHC FI, 88 ps 3C-E - 2.2L diesel EFi 2C-III - 2.0L diesel FI 1ZZ-FE - 1.8L 16 valve DOHC FI, 120 hp [1.8 XLi dan SE-G di Indonesia] 1ZZ-FE - 1.8L 16 valve DOHC FI VVT-i, 125 hp |
Quote:
tambahan dari bro SkuTT69 [diedit dikit ] Versi Australia Sedan
Spoiler for mobilnya:
Hatchback
Spoiler for mobilnya:
]
Yg ini AE111 versi TOM'S with spec TURBO
Spoiler for mobilnya:
|
Spoiler for Altis:
Spoiler for Verso:
Spoiler for Fielder:
Quote:
Dikenal
sebagai Corolla Altis di Indonesia, Corolla generasi ini memulai
hidupnya pada tahun 2000. Menghilangkan seluruhnya varian
Levin/Sprinter [diganti Toyota Allex]. Di indonesia dikenal dengan trim
J, G dan V dimana V adalah varian termewah. Semuanya bermesin 1.8L
VVT-i. Di Eropa lebih dikenal versi hatchback 5 pintu yang disebut
sebagai Corolla Verso atau Runx di Jepang. Di Jepang sendiri sebutan
untuk versi wagon-nya adalah Corolla Fielder. Mesin: 1ZZ-FE - 1.8L 16 valve DOHC EFi VVT-i 2ZZ-GE - 1.8L 16 valve DOHC EFi VVTL-i Supercharge 3ZZ-FE - 1.6L 16 valve DOHC EFi VVT-i 4ZZ-FE - 1.4L 16 valve DOHC EFi VVT-i 1ND-TV - 1.4L 8 valve Diesel SOHC Turbo 1CD-FTV - 2.0L 16 valve diesel DOHC Turbo 1ZZ-FE - 1.8L 16 valve DOHC EFi VVT-i khusus pasaran ASEAN [Altis di Indonesia] 3ZZ-FE - 1.6L 16 valve DOHC EFi VVT-i khusus pasaran ASEAN |
Spoiler for Altis:
Spoiler for Auris:
Spoiler for Fielder:
Spoiler for Axio:
Spoiler for Axio apr GT:
Quote:
Menandakan
kembalinya penggerak roda belakang untuk Corolla [khusus mobil Super
GT]. generasi kesepuluh ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006
sebagai Corolla Axio. Di Indonesia sendiri dikenal sebagai Corolla
Altis facelift atau All New Altis dengan trim V, G dan J dimana pada
tahun 2009, trim V mendapat mesin baru 3ZR-FE 2.0L dual VVT-i sementara
varian G dan J tetap menggunakan mesin 1ZZ-FE 1.8L dengan pembaharuan
emisi gas buang. Varian Khusus diciptakan untuk mengikuti lomba SUper
GT [Axio apr GT]. Di Eropa, hanya di jual varian hatchback Auris yang
mirip dengan Yaris[pengecualian Belanda dan Irlandia]. Mesin: 1ZZ-FE - 1.8L DOHC VVT-i [Altis J, G dan V] 2ZR-FE - 1.8L Dual VVT-i [Axio, Fielder, dan Auris] 3ZR-FE - 2.0L Dual VVT-i [Altis V 2009] 2AZ-FE - 2.4L DOHC VVT-i [Corolla Blade JPN/Corolla XRS USA] 1ND-TV - 1.4L Diesel D-4D 2GR-FE - 3.5L V6 Dual VVT-i [khusus Super GT] |
Demikianlah sejarah dari Toyota Corolla yang saya rangkum dari berbagai sumber.
Memang masih kurang lengkap dikarenakan Corolla memiliki berbagai nama dan varian yang sangat banyak. Dan juga perbedaan jenis yang diluncurkan di tiap benua........................
sumber: http://halamanindonesia.blogspot.com/2011/09/sejarah-toyota-corolla-di-indonesia.html
Komentar
Posting Komentar