Langsung ke konten utama

Perang Low MPV, Simak saja


 Para produsen kendaraan roda empat saat ini tengah gencar meluncurkan dan juga memperbaharui Low MPV yang dimilikinya, dikarenakan segment pada kelas Low MPV tersebut memiliki pasar yang sangat luas dan potensial di Indonesia.
 
Perang Low MPV di Indonesia saat ini akan semakin ketat dengan bermunculannya pesaing baru yang berdatangan yaitu Chevrolet Spin dan juga Mazda VX 1. Sementara para pemain lama mencoba menawarkan pembaharuan pada line up yang dimiliki seperti si kembar All New Avanza dan All New Xenia yang menambahkan fitur keselamatan.

Nah, sebenarnya mana yang lebih layak dan pantas untuk anda miliki? Berikut tersaji komparasi antara Toyota All New Avanza, Daihatsu All New Xenia, Suzuki Ertiga, Mazda VX-1, dan tidak ketinggalan Chevrolet Spin.

Kami akan mengulasnya dalam beberapa bagian, mulai dari desain, interior, fitur-fitur, sampai dengan berapa harga yang bisa anda tebus untuk bisa memiliki salah satu dari berbagai merek low-MPV tersebut. Makanya, pantau terus otomotifnet.com ya! (mobil.otomotifnet.com)
 

Desain Low MPV Masih Konservatif


Setelah sukses dengan Avanza dan Xenia, Toyota dan Daihatsu memberikan penyegaran terhadap tampilan si kembar dengan nama baru All New Avanza dan All New Xenia. 

Desain baru yang dimiliki sangat lah berbeda dengan pendahulunya dari bentuk body yang lebih menggembung dan agak memanjang juga dapat kita lihat garis-garis bodi yang lebih tajam, selain itu badel terbaru dari Low MPV Toyota dan Daihatsu ini dibekali Head Lamp dan Rear Lamp model baru.

Ada perbedaaan yang agak mencolok dari versi tertinggi saudara kembar tersebut, All New Avanza memberikan sentuhan body kit sporty dengan lekukan-lekukan tajam di mobil yang di beri nama Veloz, sedangkan saudara kembarnya All New Xenia memiliki tambahan di bumper depan dan belakang berupa skid plate serta lampu pada handle pintunya. Kedua mobil tersebut di tunjang dengan velg berdiameter 15 inch.

Sang pendatang baru Mazda VX 1 ialah kloningan dari Suzuki Ertiga yang lebih dulu mengaspal di jalanan Ibu Kota, di produksi di pabrik yang sama Mazda VX1 dan Suzuki Ertiga memiliki basis bodi yang serupa. 

Tetapi ada beberapa perbedaan pada tampilan Mazda VX 1 yang menyasar kelas sedikit diatas dari Suzuki Ertiga, mulai dari Fog Lamp, Body Kit depan, side moulding, rear spoiler, dan muffler pun terkena sentuhan. 

Dengan penambahan di beberapa sector yang dilakukan oleh Mazda VX 1 menjadikan penampilan sang kloningan Suzuki Ertiga ini lebih berkelas dari sang pendahulunya.

Chevrolet Spin adalah sang pendatang baru yang langsung menarik perhatian, desain luar yang sangat kental dengan desain Amerika style membuat mobil ini terlihat bongsor secara tampilan. 

Menilik bagian depan mobil ini tersemat spindle grill besar khas Chevrolet yang menjadi ciri khas di setiap line up produk Chevrolet, head lamp besar serta penempatan lampu belakang yang baik membuat tampilan Chevrolet Spin menjadi apik dan aerodinamis. 

Tidak hanya itu ada pula roof rail yang sangat berguna untuk membawa tambahan barang bawaan, selain juga mendongkrak tampilan jadi lebih bernuansa adventure. (mobil.otomotifnet.com)
 

Sektor Mesin Usung Tema Irit BBM

 Sesuai segmentasi kelas menengah, bisa dibilang saat ini seluruh produk Low MPV mengusung mesin yang irit BBM. Terbukti dari klaim pabrikan mengenai konsumsi BBM yang lebih dari 12 km perliter. Selain itu, aplikasi mesin yang diusung cukup dibekali kapasitas dikisaran 1.0-1.5 liter.

Nah, kali ini kami mencoba membandingkan spesifikasi teknis mesin, termasuk tenaga dan torsi sebagai panduan anda memilih mobil. Meskipun, penilaian dalam memilih sebuah kendaraan bukan harga mati bagi seseorang dalam membeli mobil idamannya. Selamat membaca. 

Model pertama adalah Toyota All New Avanza. Pemimpin pasar Low MPV ini menggunakan mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter berteknologi VVT-i. Untuk tenaga yang dihasilkan mesin 1.3 liter mampu menelurkan tenaga 91 dk dan torsi 119 Nm, sedangkan untuk mesin kapasitas 1.5 liter bertenaga 103 dk dan torsi 139 Nm. Kedua mesin dibekali transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Berbeda dengan saudara kembarnya Avanza, Daihatsu All New Xenia mengadopsi mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, yakni 1.0 liter bertenaga 62 dk dan torsi 90 Nm.Sedangkan versi 1.3 liternya persis dengan milik All New Avanza. Sama seperti saudaranya, kedua mesin All New Xenia dibekali transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed model alur.

Selanjutnya ada mesin berkode K14B adalah mesin yang di tanam ke dalam Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1. Kedua Low MPV menggunakan mesin berkapasitas 1.4 liter dengan keluaran tenaga  94 dk serta torsi 129 Nm. Pilihan transmisi bagi Ertiga dan VX-1 adalah manual 5-speed. Dan girboks  otomatis 4-speed model tombol baru tersedia bagi Ertiga.

Tak ketinggalan, ada gebrakan yang dilakukan GM Indonesia lewat Chevrolet Spin. Hal ini terwakili oleh  varian mesin yang sangat beragam. Mulai dari mesin berbahan bakar bensin 1.2 liter bertenaga 85 dk, 1.5 liter bertenaga 106 dk hingga 1.3 turbo diesel dengan tenaga 75 dk.

Keberanian bukan hanya sektor mesin, tapi juga transmisi. Pasalnya selain dibekali versi otomatis 4-Speed konvensional dan manual 5-Speed,  Chevrolet Spin juga memberikan pengalaman berkendara baru dengan menanamkan gear box 6 Speed Triptonic khusus pada varian 1.5 liter bensin. 
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isuzu Panther LV Adventure

Isuzu Panther LV Adventure adalah varian panther yang mengkombinasikan bentuk Body Grand Touring , dengan interior dalam LV ( AC Single Blower ) . Kelebihan dari Isuzu Panther LV Adventure ini , dapat kita gunakan untuk berpetualang.

Bengkel Mobil Diesel di Jogja

Bengkel Mobil yang bisa menservis /tune up Mobil bermesin Diesel di Wilayah Yogyakarta antara lain Lain BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lapangan Wiladeg Karangmojo GK 08127271231 Bintoro , Spesialis diesel (bibis - Godean) 08174129335 Mas maridi , Tambakrejo sleman, timur GE Lighting, spesialis mesin diesel dan transmisi 081510179017 / 085101555818 Andy jaya motor Andi Wibowo +6281328293116 Blkng variasi mobil monaco beran jl. Magelang km 10  Sleman BENWIL MOTOR , pak Hartanta Setya Nugraha ,Selatan Lap. Wiladeg Karangmojo ,GK 0817271231 Bisa ngerjain AC, kalibrasi Nozzel, Karburator (umum)

Perbandingan isuzu panther Grand Touring, LS, Touring

Compare Grand Toring , LS, Touring GRAND TOURING LS TOURING